Sabtu, 24 Maret 2012

Nilai


 TUGAS TULISAN

Nama : dina agustina U

 kelas : 2ea16

Npm :12210055

Nilai atau dalam bahasa inggris disebut value,biasa diartikan sebagai harga atau tafsiran. Maksudnya adalah harga atau penghargaan yang melekat pada suatu objek. Objek yang dimaksud dapat berbentuk benda,barang,keadaan,perbuatan,seseorang dapat berbicara tentang nilai sebuah bangunan rumah,nilai sebuah tanda penghargaan,nilai dari kehadiran seorang pemimpin di tengah-tengah rakyatnya.
Sikap menilai manusia terhadap segala sesuatu yang ada di sekitarnya,baik materill(jasmaniah)maupun spiritual(rohanial)selalu dihubungkan dengan manfaat baginya,baik secara langsung maupun tidak langsung. Penilaian adalah suatu sikap manusia yang didorong oleh-oleh aspek yang terdapat di dalam dirinya,yakni aspek rasio(cipta),rasa,karsa,dan budi nurani. Sedangkan nilai adalah sesuatu yang abstrak,bukan konkret. Nilai hanya bisa dipikirkan,dipahami,dan dihayati. Nilai yang berkaitan dengan cita-cita,harapan,keyakinan dan hal-hal lain yang bersifat batiniah. Nilai adalah suatu kualitas,bukan kuantitas. Nilai bersifat ideal,bukan faktual. Nilai berkaitan dengan das sollen (apa yang seharusnya),bukan das sein(apa yang senyatanya).
Jenis-jenis nilai
a.    Nilai materill adalah segala sesuatu yang berguna bagi unsure jasmani manusia. Artinya sesuatu objek dikatakan mempunyai nilai materiill apabila memiliki daya guna,berguna,memiliki asas guna bagi jasmani manusia.
b.    Nilai vital adalah segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat melakukan kegiatan (aktivitasnya). Artinya sesuatu objek dikatakan mempunyai nilai vital  apabila objek tersebut dapat mengakibatkan manusia memiliki aktivitas.
c.    Nilai rohani adalah segala sesuatu yang berguna bagi unsure manusia . artinya suatu objek dikatakan mempunyai nilai rohani apabila memiliki daya guna,berguna,memiliki asas guna bagi rohani manusia. Nilai rohani bisa dapat dibedakan menjadi empat sebagai berikut:
  1. Nilai kebenaran atau kenyataan yang bersumber pada unsure akal manusia atau rasio,budi atau cipta.
  2. Nilai keindahan yang bersumber pada unsur rasa manusia dan perasaan
  3. Nilai kebaikan atau nilai moral,yang bersumber pada kehendak manusia,kemauan atau karsa
  4. Nilai religious yang merupakan nilai ketuhanan,nilai kerohanian yang tertinggi dan mutlak. Nilai religious ini bersumber pada kepercayaan atau keyakinan manusia yang dihayati dengan rasio dan hati nurani.
Sifat Nilai
Ada perbedaan pandangan tentang nilai. Ada yang menganggap nilai bersifat subjektif adapula yang menggangap nilai bersifat objektif.
Pandangan yang menganggap nilai itu bersifat subjektif beranggapan bahwa nilai dari suatu subjek yang menilainya. Sesuatu dapat dinilai baik atau buruk,berguna atau tidak berguna,tergantung pada subjek atau ornag yang menilai. Pandangan yang mengganggap nilai yang bersifat objektif menganggap nilai suatu objek itu melekat pada objeknya dan tidak tergantung pada subjek yang menilai,umum dan universal. Penilian objektif merupakan penilian terhadap tindakan orang lain yang terlepas dari subjek yang melakukan tindakan itu sehingga lepas pula dari situasinya dan tindakan itu diukur dengan ukuran baik-buruk diluar subjek tersebut. Hal sebaliknya disebut dengan penilian subjektif.
Baik pemahaman maupun penilian seseorang terhadap suatu objek hanyalah merupakan bagian dari dunia pengalaman,yang tidak berubah-ubah atau bahkan saling bertentangan. Menurut pandangan ini sesuatu mempunyai nilai atau tidak di tentukan oleh kondisi objektif tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar